Jumat, 05 Januari 2018

Isi Piringku untuk nutrisi yang lebih baik

Kesehatan begitu sangat penting dalam kehidupan setiap manusia di bumi ini dan terutama untuk kalangan anak-anak menjaga asupan makannya sangat dianjurkan dan wajib malah dalam agama anak itu adalah titipan yang harus dijaga baik dengan menerapkan pola hidup sehat yakin pasti jauh dari segala macam penyakit dan keluarga pun bahagia.

Saya Ibu dengan dua anak perempuan dan usia keduanya dibawah lima tahun memang cukup ekstra keras dalam memberikan asupan pola makan yang sehat, Ditambah lagi anak-anak itu suka banget jajan sembarangan walau saya sudah hati-hati memberikan jajanan dan makanan yang anak-anak mau. Tapi lenggah sedikit saja sudah deh mereka jadi ga karuan dalam memilih jajanan maupun cemilan yang di jual di sekitar lingkungan rumah. 

                  doc.wikipedia


Dengan adanya slogan 4 sehat 5 sempurna dari Pemerintah dan kini berubah menjadi Isi Piringku semakin menandakan bahwa Pemerintah Indonesia sungguh ingin anak-anak dapat hidup dengan sehat dan dapat menciptakan negara yang aman,sejahtera dan bebas dari segala macam penyakit. Dengan dukungan Pemerintah masyarakat pun di minta untuk menjaga asupan makanan anak-anaknya di mulai dengan kampanye Isi Piringku semoga para orangtua seperti saya ini dan utama adalah sosok Ibu lebih memperhatikan akan kebutuhan nutrisi anak agar mendapatkan hak nya sebagai anak dalam menerima makanan yang baik dan asupan gizi yang seimbang.

Untuk saya sendiri memberikan makan dan minum pada kedua anak saya yang paling utama 50% buah,sayuran,karbohidrat,protein dan susu agar seimbang dengan apa yang anak saya butuhkan. Ga lupa juga dengan olahraga dan minum air mineral yang cukup dalam sehari. Masakan sehari-hari pun yang menjadi kunci keberhasilan saya dalam mendapatkan anak-anak tumbuh dengan sehat, ceria, dan aktif.

Isi Piringku kini lebih dijaga kembali dalam keluarga saya karena memang untuk kesehatan itu mahal harganya kalau bisa selalu sehat dan jauh dari penyakit itu sudah membuat saya senang. Pernah minggu lalu si kecil merasakan diare itu terjadi karna saya yang kurang memperhatikan makanannya dan jajanannya diluar sana, Bukan hanya makanan saja sih ternyata kebersihan tangan pun itu hal utama sebelum memegang makanan!


              doc.wikipedia


Menu makanan yang baik untuk anak

Biasakan berikan Nasi,lauk pauk seperti buah dan sayur serta ikan atau daging untuk makanan si kecil. Jangan lupa berikan minum air mineral  dalam satu sajian makanan! 

Tips agar anak mau makan!

✔Berikan menu yang berbeda setiap harinya contoh buatkan nasi dengan bentuk-bentuk boneka agar Si Kecil bersemangat makan dan tidak bosan. 
✔ Buat suasana makan menjadi fun dan nyaman untuk Si Kecil atau sambil bermain pun bisa.
✔ Kalau ga mau makan jangan di paksa ya, Karena akan membuat Si Kecil trauma dan ia akan berpikir bahwa makan itu hal yang tidak menyenangkan.
✔  Berikan kebebasan seperti tanyakan pada Si Kecil hari ini kamu mau makan apa? Dengan begini bisa membuat bonding antar Ibu dan Anak semakin kuat.
✔ Jika Si Kecil tidak suka buah dan sayuran Ibu bisa menggajaknya berbicara bahwa buah dan sayuran itu tidak pahit dan ini sangat baik untuk kebutuhan nutrisi Si Kecil kreasikan saja dengan di buat jus atau ice cream buah agar Si Kecil suka.

Nah itu tadi tips dan trik agar anak mau makan dan suka sama buah dan sayur, Karena kedua anak saya pun sama mereka tidak terlalu menyukai buah dan sayur katanya rasanya ga enak dan pahit padahal kan didalam buah dan sayur terdapat banyak mineral vitamin yang baik untuk tubuh.

Dengan adanya slogan Isi Piringku dari Pemerintah semoga para orangtua terutama Ibu di Indonesia semakin semangat dan peduli akan pentingnya memenuhi kebutuhan nutrisi anak-anaknya. Termaksud saya juga!

Artikel ini di ikut sertakan dalam lomba blog yang diadakan Womanation dan Danone Indonesia dalam wujud kepeduliannya akan kampanye Pemerintah 'Isi Piringku' apabila ada kata dalam penulisan yang kurang berkenan mohon dibukakan pintu maaf dan terima kasih sudah membaca semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca semua.

#WomanationBloggerCompetition
#MyBlog

sampai jumpa di artikel selanjutnya!

ada pertanyaan silakan ajukan insyah allah akan dijawab;
Sifora 
email -) septiafora@gmail.com

13 komentar:

  1. Tips nya keren. Iyes, emang bener banget deh kalau ga mau makan jangan dipaksa. Karena anak yg sehat pasti kalau ngerasa laper nanti mau makan.

    BalasHapus
  2. Tips nya sangat membantu sekali bunda, terlebih bagi saya dalam memenuhi kebutuhan gizi Azzam. Terkadang saya cuek dalam pemenuhan buah dan sayur untuk anak saya.

    BalasHapus
  3. Mengajak anak-anak untuk makan sayur itu memang Tricky...
    Tips-tipsnya boleh juga nih... anakku juga kadang gampang, kadang susah bila disuruh makan sayur...

    BalasHapus
  4. Annisa kalau makan suka jalan jalan gak? Atau di depan tv

    BalasHapus
  5. Susu suka bosen, mungkin karena dari kecil. Minum susu. Terus di apaan ya bun?

    Kalau gak ada air mineral, air putih boleh gak? Mineral mahal mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. mineral sama air putih sama aja sih hihihi disini aku bilang mineral mungkin karena sebenarnya air ya bukan air putih

      Hapus
  6. Namanya anak anak mah paling seneeng ama yang namanya jajanan ya, padahal jajanan itu kan belum tentu baik untuk mereka... Kita sebagai orang tua lah yang punya kunci nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha begitulah anak natara 😁😁😁 suka banget sama yang baru

      Hapus
  7. Wah tipsnya perlu di save nih.. maklum anak baru 1 banyak catatan banget apalagi soal makanan. Makasih mba nice share

    BalasHapus

Makasih ya sdh mampir boleh loh kritik & saran asal jangan yg menyakitkan hati ya nanti saya baper :)

Diberdayakan oleh Blogger.

About me

sifora adalah ibu muda dengan dua anak tinggal didaerah tangerang selatan dan memiliki anak berkebutuhan khusus merupakan semangat tersendiri dalam hidupnya.
kontak langsung melalui email : septiafora@gmail.com

Penayangan bulan lalu

Cari Blog Ini

Blogger Perempuan Network

kumpulan emak blogger

Blogger Muslimah

Indonesia Social Blogpreneur

Indonesia Social Blogpreneur

Subscribe!