Diskusi Bersama Koperasi Dalam Payung Hukum Pelelangan ikan

by - Februari 27, 2018

cc kreasinatara


Sajian penuh dengan protein dari hewani seperti ikan merupakan lauk pauk yang kaya akan gizi untuk keluarga, terutama untuk usia balita kalau dirumah lebih suka masak dengan lauk ikan tongkol di balado atau di goreng biasa. Belum lama kan Indonesia pernah tuh kesulitan dalam memenuhi pangan ikan yang saya tahu katanya harga melambung naik tinggi dan faktor cuaca pun rupanya.


Alhamdulilah saya mendapatkan undangan untuk membahas payung hukum pelelangan ikan di TPI oleh Koperasi dan UKM acara yang diselenggarakan ini cukup banyak di hadiri oleh narasumber di bidangnya.


Membahas mengenai payung hukum soal pelelangan ikan di Indonesia, memang sih kalau dilihat lagi para nelayan yang tinggal di pesisir pantai kehidupannya sederhana dan kurang sejahtera karena ada beberapa nelayan yang menjual hasil pancingannya bukan melalui Koperasi atau TPI (Tempat pelelangan Ikan). Melainkan mereka menjualnya sendiri dengan harga sesuai yang dijual.


Mungkin dengan adanya payung hukum soal pelelangan ikan di Indonesia semua nelayan bisa hidup sejahtera dan mendapatkan harga yang pantas ketika mereka ingin menjual hasil pancingannya.


Dan manfaatnya untuk para nelayan diadakannya pelelangan ikan di TPI agar nelayan mendapatkan harga baik bagi nelayan dan ga memberatkan konsumen ketika ingin membeli ikan dari tangkapan nelayan.


Motto Koperasi Perikanan : " Membangun masyarakat nelayan maju bila Koperasi Perikanan maju "

Dampak signifikan dari penyelenggaraan ikan di TPI sebagai berikut : Retribusi 60% untuk Pemerintah Daerah 40% untuk Koperasi Perikanan, sebagian besar dikembalikan pada nelayan anggota Koperasi Perikanan dalam bentuk asuransi, dana paceklik, biaya kesehatan dan tabungan nelayan.


Dan bagusnya lagi hasil draft payung hukum akan disampaikan ke Bapak Presiden RI agar mendapatkan izin prakarsa.


Semoga dengan segeranya dibuat payung hukum perikanan semua nelayan di Indonesia sejahtera. 

Dengan adanya pemberdayaan Koperasi Perikanan dalam penyelenggaraan pelelangan ikan di tempat pelelangan ikan (TPI)

Diskusi nya serius dan sebagai blogger saya mendukung dengan adanya payung hukum yang akan mengawasi para nelayan agar mendapatkan kesejahteraan dalam hasil tangkapannya. Dengan begitu semua harga ikan bisa terjangkau secara ikan kan lumayan mahal loh harganya.


Selesai acara ga ketinggalan foto bersama teman-teman blogger dan seru banget event diskusi ini. 

You May Also Like

1 comments

  1. buat mak mak kaya kita ini mah penting banget ya bu ketersediaan ikan laut itu... hehehe... hayuk lah dukung payung hukum ini supaya nelayan kita lebih terjamin lagi

    BalasHapus

silakan berkomentar dengan sopan harap isi komentar sesuai dengan topik artikel yang dibaca. Setiap komentar yang menggandung sara,politik,menghujat,spam,dan berbau negatif akan saya hapus.

terima kasih sudah berkunjung :)