Selasa, 20 Februari 2018

# Review Event

menulis dengan cinta bersama Dini Fitria


Alhamdulilah itu ucapan yang saya sebut ketika melihat inbox email mendapatkan pengumuman terpilihnya saya dalam acara workshop 'Menulis dengan Cinta dari komunitas blogger ISB pas baca beneran ga nyangka aja saya terpilih rupanya hehehe antara percaya dan ga percaya katanya ga sembarangan blogger yang bisa ikut workshop itu. *Jiaahhhh saya merasa terbang tinggi upss jangan geer dulu ini memang mungkin pas rezeki saya aja. Rezeki saya kali ini merupakan sebuah ilmu yang akan diberikan oleh pakarnya jelas beliau merupakan penulis trilogi cinta.

Dini Fitria (Penulis Trilogi Cinta) *mba Dini mirip artis deh intan nuraini itu lengsung pipinya manis euy 😁


Narasumber dalam acara workshop ini udah ga sabar saya mau tahu apa sih yang harus ditanamkan sebagai seorang blogger, blogger itu bukan sekedar menulis aja kalau udah selesai tulisannya tinggal diposting atau di draft dalam blog pribadinya. Kemarin sempat saya catat point-point yang diberikan mba Dini pada seluruh blogger yang hadir.

Ciri-Ciri Features Stories
1. Bertutur
2. Deskriptif
menggambarkan suatu profil/peristiwa tertentu secara gamblang.
3. Informatif
4. Gaya Penulisan
Indah memikat, naratif, prosais, imajinatif.
5. No need exactly 5W + 1H
6. Human of Interest

Itu semua apa udah ada belum ya dalam setiap tulisan saya? ihhh bertanya dalam hati sambil mikir ditambah makan kuaci belum ketemu juga jawabannya. Ya santai aja bacanya ga usah terburu-buru!


Kalau nulis untuk blog mau menceritakan tentang apa? nah contoh features :
Travelling
Strugging
Love
Sadness
Happiness
Inspiring
Accident


Storytelling penting juga untuk blog karena kebanyakan orang-orang Indonesia sangat menyukai donggeng, menikmati cerita, so pasti ketika ia membaca hasil tulisan seseorang bisa jadi akan kembali lagi untuk mengunjungi blog orang itu lagi.

serius amat ya mereka dengan balutan pink semua blogger wanita yang hadir cantik deh *termaksud saya hehe....


Bagaimana menulis dengan rasa ?
mba Dini pernah berkunjung ke negara India beliau menceritakan di negara itu penduduknya dan alam menyatu ada banyak binatang berkeliaran disekeliling penduduknya,  sampai seketika ia melewati jalanan dan ga bisa jalan karena harus berhenti ada para hewan sekumpulan bebek apa ayam ya saya lupa yang mencoba menyebrangi jalanan itu. Terus terang saya belum tahu karena ga pernah ke negara orang. Tapi dari cerita mba Dini saya dibuat merasakan mencoba apa yang ada di negara orang tapi belum tentu ada di negara sendiri. Beliau bilang ga mau balik lagi ke India karena sempat diare disana dan ga akan balik lagi tapi nyatanya balik lagi tuh hehehe jatuh cinta akan keindahannya.


Rasa, untuk menulis pakai rasa, yang dimaksud beliau rasa mungkin gini ya misalkan saya ingin banget menulis tentang kehidupan seorang janda yang ditinggal suaminya karena suaminya menikah lagi sama wanita lain, nah apa sih yang akan saya dapatkan dari menulis si janda? apa bagusnya si janda? sehingga saya ingin menulis tentang si janda! mungkin yang akan saya dapatkan dari menulis seorang janda ketegarannya menghadapi kepahitan dalam rumah tangganya, bisa aja saya memberikan inspirasi atau motivasi untuk pembaca bahwa janda ini bukanlah sekedar janda ia wanita tangguh dan pemberani meski hati perih namun ia kuat dan percaya ia mampu membesarkan anak-anaknya dengan kerja keras dan keringatnya sendiri. Bisa jadi ketika saya menulis dengan rasa akan si janda kemungkinan sang pelakor atau calon pelakor yang membaca tulisan saya menggurungkan niat jahatnya untuk merebut suami orang. *eitsss ngapa jadi melencong kesini ya hahahaah maafkan saya kembali ke laptop ups bukan deh!


Menulis pun ada banyak manfaat yang kita dapatkan
Kebahagian





makan siang dari kulina

Oh ya selain belajar menulis dengan cinta saya diberikan makan siang loh dari Kulina ini makanan enak banget cuma Rp 25000/porsi loh dan kalau untuk pemesanan di jakarta gratis ongkir masakannya enak dan dijamin halal ini yang saya makan menu makanan ayam betutuh dengan kangkung didalamnya dan tahu rasanya makan siang terhandle dari Kulina.

tutorial hijab model Haya Aliya Zaki


Acara ini juga bukan sekedar workshop namun ada tutorial hijab yang dipraktekan langsung oleh ahlinya dari hijab shafira

Selesai acara ga langsung pulang saya diberikan goodiebag dari Zoya, Zoya Cosmetik, dan Shafira isinya berupa kerudung, facial wash dan lipstik.

JSC Hive 

Foto bersama blogger 


Ruangan workshop pun sangat nyaman makasih ISB udah belajar ditempat yang asyik Coworking Space JSC-HIVE Jakarta.

Pergi kehujanan sampai nyeker demi penampilan biar ga kalah kece dari mba Dini hehehe, pulangnya pun kehujanan tapi semangat menimbah ilmu ga akan buyar begitu aja.

Terima Kasih
ISB
JSC -HIVE Jakarta
C2Live
Zoya
Zoya Cosmetic
Shafira
Kulina
tanpa nama-nama diatas akan kurang seru dan menarik acara wokshop Menulis dengan Cinta

Ada sesi batch 2 yang akan memilih 30 peserta blogger workshop akan diselenggarakan pada tanggal 7 Maret 2018 selengkapnya stay tune facebook Indonesia Social Blogpreneur



Apakah tulisan ini berbobot silakan tinggalkan komentar, kritik, dan sarannya karena setiap ungkapan yang pembaca tinggalkan akan sangat bermanfaat untuk blog saya.

21 komentar:

  1. Sebagai Blogger baru yang hitungan baru beberapa bulan. Aku juga merasa beruntung bgt bisa hadir disana. Paling tidak banyak ilmu baru yang akan perlahan aku terapin di tulisan aku. Alhamdulillah ya mba, kita dpt kesempatan istimewa ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mba amallia bener banget dengan ilmu yang di share sama senior itu sesuatu banget dan kita bisa belajar dari pengalaman mereka.

      Hapus
    2. lagi-lagi ini balik ke rezeki kita masing2 mendapatkan ilmu lewat event yang udah kita hadiri

      Hapus
  2. Naaah... yan gini " menulis tentang kehidupan seorang janda yang ditinggal suaminya karena suaminya menikah lagi sama wanita lain", nulisnya pake hati banget keknya. Hahahahah

    BalasHapus
  3. Jadi semangat buat mengerucutkan ciri khas blog dari acara ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya teh mau buat branding blog sendiri agar semakin kuat

      Hapus
  4. Mbak. Aku jadi penasaran sama India, lho. Sekalian pengen ketemu om sarukan. Wakwakwak

    BalasHapus
  5. Nah cerita ketegaran Si Janda itu menarik untuk dibahas, lho. Coba deh mbak tulis :)

    BalasHapus
  6. Hi... Hi.. Bener banget mb dini itu mirip intan nuraini ya #komensalfok nih mba

    BalasHapus
  7. ilmu dari mbak dini keren ya.. tinggal mengaplikasikannya

    BalasHapus
  8. serasa di charges , aku ikut acara ini, bikin semangat nulis lebih baik lagi

    BalasHapus
  9. Saya gagal fokus, Mbak Dini emang mirip ya sama si Intan. Senyumnya maniiis banget kayak gulali. Haha. Well, menulis dengan rasa sepertinya jadi PR bagi 30 blogger peserta workshop batch pertama. Yuk semangaaatt..

    BalasHapus
  10. Hai my pink squad. Seru banget yach acaranya. ilmunya jg dapet banget. Jadi minder sich sbnernya.. huhu.. ganbatte

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai juga pink squad hehehe masih ingat aja deh

      Hapus
  11. Senang banget ya dapat ilmu baru dikesempatan workshop ini yang bikin semangat untuk belajar ngeblognya lebih baik lagi ya

    BalasHapus
  12. Banyak banget ilmunyaaa selama workshop dan beruntung bgt bisa kepilih sebagai salah satu peserta...mbak dini pun sangat enak membawakannya jadi dr awal sampe akhir aku melototin terus jangan sampe kelewat ilmu berharganya 😁😁

    BalasHapus
  13. biarpun tiap orang punya ciri khas tapi nulis itu kudu tetap pake cinta yaaaa....

    BalasHapus

terima kasih sudah main-main di blogku! dilarang copy paste dan spam.