Sabtu, 19 Mei 2018

# JKN-KIS # lifestyle

Kepuasan Peserta sangat berperan penting bagi JKN-KIS BPJS

Kini berobat bukanlah hal yang susah untuk masyarakat yang tidak memiliki banyak uang, semenjak adanya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) semua merasakan manfaatnya.

Diketahui dari acara Public Expose bersama rekan media dan blogger pada 16/05 kemarin, semakin meningkat jumlah kepuasan peserta JKN-KIS di seluruh Indonesia. Pertumbuhannya pun meningkat seiring berjalannya waktu.


Per 11 Mei 2018 saja sudah ada 197.376.511 jiwa yang telah menjadi peserta JKN-KIS. Dan sudah ada 2.268 RS & Klinik utama yang telah bergabung dengan BPJS JKN-KIS. Untuk tingkat kepuasan sebanyak 79,5 % terhadap pelayanan JKN-KIS. 75,2 % tingkat FKRTL, 21.763 pada FKTP.


*Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP)
*Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL)


Kemiskinan memang selalu melanda masyarakat di Indonesia dengan susahnya perekonomian mereka. Namun kemiskinan bisa saja datang dengan cara ketika seseorang jatuh sakit dan harus dirawat dengan biaya yang tak sedikit itu pun bisa menjadikan kemiskinan akan segera datang pada orang itu karena banyaknya pengeluaran ketika berobat.


Menjadi peserta JKN-KIS bagi saya sendiri sangat terbantu sekali ketika anak jatuh sakit dan membutuhkan segera pertolongan medis. Dari mulai melakukan cek darah, CT scan kepala dan dirawat selama 3minggu di rumah sakit itu semua ditanggung oleh BPJS JKN-KIS.
Alhamdulilah sampai saat ini pun saya beserta keluarga masih menggunakan JKN-KIS untuk fisioterapi anak dan lakukan pengobatan lainnya di faskes tingkat lanjutan.

Tampilan layar mobile JKN-KIS


Apalagi mendengar berita baik bahwa BPJS memiliki mobile JKN-KIS berupa aplikasi yang bisa kita unduh di Play store maupun Appstore .
Dalam mobile JKN-KIS ini kita bisa mengetahui tagihan iuran ke-pesertaan, dan juga skrining kesehatan. Cek status peserta, lihat riwayat pelayanan, pendaftaran pelayanan dan masih banyak lagi.


Di mudahkannya saya ketika membayar iuran premi BPJS kini bisa melalui :
✓ Go-Bills salah satu layanan di aplikasi GO-JEK
✓ Tokopedia
✓ Bukalapak
✓ Alfamart
✓ Indomaret
✓  BRI
✓ BNI
✓ Mandiri
✓ BTN
✓ melalui ATM
✓ Pengadaian
Dan sepertinya masih banyak lagi merchant yang bekerja-sama dengan BPJS.


Untuk orang yang memiliki banyak uang dan hidup berkecukupan mungkin bisa saja menyisihkan uangnya untuk dana tak terduga, namun untuk saya yang memiliki penghasilan pas-pasan hanya bisa menyisihkan sebagian dana untuk anak sekolah dan kebutuhan sehari-hari. Karena apa? Sakit mana kita tahu ia akan datang kapan dan bagaimana.


Memiliki jaminan perlindungan kesehatan dari JKN-KIS saya rasa sudah sangat membantu dan terlindungi akan bahaya jatuhnya kemiskinan akibat biaya medis yang sangat tinggi. Cuma bukan hanya mengandalkan dari itu saja menjaga kesehatan pun sangatlah harus dan wajib. Memangnya ga capek apa bolak balik RS? Hehehe...


Jangan berpikiran bahwa buat apa bayar iuran BPJS KESEHATAN toh nyatanya saya sehat-sehat saja, sebenarnya bukan dilihat dari sisi saya sehat namun dengan Anda membayar iuran BPJS KESEHATAN itu sama saja Anda sudah membantu dan menolong 1 nyawa yang kritis.


Semoga bermanfaat.


😀😘





















12 komentar:

  1. Wahh udah ada apps nya yaa. Asik nih makin mudah ya. Tq infonya bun.

    BalasHapus
  2. Iya setuju dgn catatan terakhir, kita ikut bpjs tentu tidak mau mengharap sakit, tapi bisa juga untuk menolong 1 nyawa saudara kita ya.

    BalasHapus
  3. Sudah banyak masyarakat yang merasakan dampak positif dgn asuransi kesehatan dari pemerintah ini ya

    BalasHapus
  4. Nahh..penting tuh punya JKN KIS ya..jadi ga kuatir kalo mau berobat. Apalagi sekarang ada mobile apps nya..

    BalasHapus
  5. Semoga terus amanah ya BPJS mengelola dana kesehatan masyarakat Indonesia.

    BalasHapus
  6. Iya yaa subsidi silang biaya kesehatan. Kalau ga kita pakai, setidaknya membantu orang lain yang membutuhkan.

    BalasHapus
  7. Lebih praktis sekarang karena ada aplikasi mobile JKN KIS ya. Smoga lebih baik lagi pelayanannya

    BalasHapus
  8. Iya mendingan Kita bayar deh bpjs Dr pada Kita yg sakit. Hitung hitung sedekah ya kan

    BalasHapus
  9. Iya, harusnya kesadaran membayar JKN-Kis ini ga cuma pada saat sakit aja. Lah bayar asuransi kesehatan mau, kenapa bayar bpjs kayaknya berat. Padahal sama2 asuransi kesehatan

    BalasHapus
  10. Memang butuh asuransi ya, buat jaga-jaga apalagi kalau anak sakit. Biaya berobat di rumah sakit mahal belum lagi ditambah obat-obatan dan cek sana sini. Alhamdulillah, JKN memang membantu banget, saat dibutuhkan ya. Bagus buat jaga-jaga.

    BalasHapus
  11. alhamdulillah skarang makin mudah ya kaka sif. ah kalau ketemu aku mau tanya tanya tentang BPJS ahh

    BalasHapus

terima kasih sudah main-main di blogku! dilarang copy paste dan spam.