Rabu, 27 Juni 2018

# Asuransi # JKN-KIS

BPJS Kesehatan gunakan Rujukan Online

Ngopi bareng 


BPJS Kesehatan,Nisa berobat selalu menggunakan JKN-KIS untuk fisioterapi di rumah sakit yang diberi rujukan oleh puskesmas. Dengan jadwal hanya seminggu 2x pertemuan rasanya bagi saya Alhamdulilah sudah cukup untuk Nisa belajar. Meskipun sekali pertemuan hanya 45 menit melakukan fisioterapi.


Bersyukur terbantu dengan adanya layanan kesehatan JKN-KIS dari BPJS Kesehatan. Cuma bayar iuran preminya tanggal 10 setiap bulannya. Untuk saya yang hanya menggandalkan upah kerja dari suami, pastinya memilih kelas 3 dengan biaya iuran yang terjangkau.


Kalau soal balik ke rumah sakit untuk terapi Nisa terung terang saya kadang paling malas kalau disuruh antri, apalagi datang pagi sampai siang cuma buat antri nomor panggilan pendaftaran di rumah sakit.


Bawaannya juga repot banget kertas rujukan dan kartu JKN-KIS. Kalau itu sampai ketinggalan bisa pulang lagi malah nanti tidak jadi berobat deh.
Membayangkan seandainya bisa daftar via online atau pun tidak perlu bawa kertas rujukan pasti enak nih, bakal cepat dan tidak perlu lagi antrian panjang dari pagi sampai bisa di panggil petugas loket.


BPJS Kesehatan Senin 25 Juni 2018 menggandakan Halal Bi Halal sekalian ngopi bareng bersama awak media dan juga blogger. Bertempat di Cerita Cafe Kampung Melayu Jakarta. Memberikan informasi yang bikin saya puas dan terjawab harapan saya.


Manfaatkan teknologi rujukan online sistem ini diwajibkan untuk semua Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang memang sudah terhubung dalam jaringan internet.


Lalu apa sih manfaat yang akan peserta JKN-KIS rasakan ketika rujukan online ini siap dan merata di seluruh Indonesia.


Pertama, dengan adanya sistem rujukan online, peserta JKN-KIS tidak perlu risau bila kehilangan atau lupa membawa surat rujukan. Sebab informasi rujukan peserta sudah terekam dalam sistem online. Cukup tunjukkan kartu JKN-KIS, peserta sudah bisa dilayani di FKTP DAN FKRTL tempatnya dirujuk.


Kedua, sangat cepat karena data peserta sudah tercatat di database antar fasilitas kesehatan.Jadinya tidak perlu lagi input ulang pada saat pendaftaran.


Mengapa sih harus gunakan rujukan online
Sistem rujukan online ini sebenarnya untuk lebih lagi meningkatkan kualitas pelayanan administrasi di setiap fasilitas kesehatan yang telah bekerja-sama dengan BPJS Kesehatan.





Nilai tambahannya lagi rujukan online bersifat real time dari FKTP ke FKRTL dan digital documentation data dari P-Care di FKTP langsung terkoneksi ke FKRTL.


Sudah terhitung sampai dengan Mei 2018, BPJS Kesehatan telah bekerjasama dengan 20.975 FKTP dan 2.367 FKRTL (rumah sakit dan klinik utama). Sebanyak 18.737 FKTP sudah terhubung jaringan komunikasi datanya dan bisa menerapkan sistem rujukan online. Ungkap Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan Maya Rusady.

Baca juga : Daftar kepersetaan kini tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan


Kalau masih didaerahnya yang belum menerapkan sistem rujukan online, untuk saat ini masih dalam fase transisi. Jadi sabar menunggu dan semoga lancar nih terobosan baru dari BPJS Kesehatan. Untuk memberikan pelayanan yang terbaik.


Semua peserta pastinya ingin sekali dalam proses mulai dari pendaftaran sampai bertemu dokter dan ambil obat semuanya ingin cepat dan bebas antrian ya.


Kalau semua sudah menggunakan rujukan online pastinya tidak ada lagi tuh kerepotan membawa kertas rujukan atau lupa bawa. Tinggal menunjukkan kartu JKN-KIS langsung deh dilayani.


Bocorannya lagi masih ada banyak harapan BPJS Kesehatan untuk semakin menjadi terbaik di era zaman now ini. Semoga selain rujukan online, ada lagi nih sistem antri di puskesmas nya bisa via online juga itu sepertinya sudah ada deh di Mobile JKN.

Nah peserta JKN-KIS kalian apa sudah mendownload aplikasi Mobile JKN?

Download Mobile JKN

3 komentar:

  1. Mobile JKN, sudah saya download sejak lama.. Lupa kenapa saya download..kayaknya sih ada data yg harus di masuukan via.apilkasi..

    kakve-santi(dot)blogspot.com

    BalasHapus
  2. saya sudah kok unduh apk mobile jkn beneran praktis bisa cek iuran kepersetaan.

    BalasHapus
  3. Jadi sekarang ga perlu bawa banyak berkasnya mba, bisa pakai rujukan jaman now alias rujukan online
    Meminimalisir lupa juga aku lupakan orangnya .

    BalasHapus

terima kasih sudah main-main di blogku! dilarang copy paste dan spam.

Follow Us @soratemplates