Mudik tetap utamakan keselamatan

by - Juni 08, 2018


Mudik tahun ini kemana ya, kampung suami atau kampung istri? Untuk saya soal mudik sudah menjadi tradisi di setiap tahunnya. Kurang ramai jika lebaran tidak bersama keluarga dan sanak saudara.

Sebelum mudik apa saja sih yang akan kita siapkan untuk nanti sepanjang perjalanan, ada beberapa tetangga saya yang akan mudik dengan menggunakan transportasi umum seperti Bus, Kereta, Pesawat, Mobil Pribadi, dan Motor.

Ada beberapa pesan dari Kementerian Kesehatan mengenai tips-tips agar mudik aman, nyaman, dan selamat. Tentu kita sebagai pemudik ingin selalu sehat dan aman di perjalanan.

Nina Moeloek Ibu Menteri Kesehatan

15 point penting dari Kemenkes untuk pemudik, pengemudi, dan masyarakat umum agar lebih berhati-hati dan hindari kecelakaan. Beberapa diantaranya:

1. Siapkan fisik  yang sehat dan prima sebelum mudik.

2. Periksa kondisi kelayakan kendaraan.

3.Tidak meminum obat-obatan atau minuman yang menyebabkan kantuk sebelum dan selama mengemudi.

4.Jangan paksakan mengemudi bila sudah lelah atau mengantuk.

5.Disiplin dan patuh rambu lalu lintas.

6.Kendalikan kecepatan kendaraan pada kondisi jalanan rusak, bergelombang, saat hujan, dan cuaca buruk.

7.Kendaraan tidak melebihi muatan yang layak.

8.Gunakan masker dan lindungi diri dari polusi udara.

9. Jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal.

10. Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir sebelum makan

11. Konsumsi makanan dan minuman yang sehat

12. Buanglah sampah pada tempatnya.

13. Tidak buang air kecil/besar sembarangan, gunakan toilet yang tersedia.

14. Bila sakit, manfaatkan pos kesehatan terdekat.

15. Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi selama diperjalanan.

Jadi bukan hanya kita saja yang sebagai pemudik harus berhati-hati, sudah pantasnya pengemudi pun diwajibkan untuk selalu menomor satukan kenyamanan dan keselamatan bagi penumpang dan juga masyarakat umum.

Kementrian Kesehatan pun sudah menyiapkan posko kesehatan di beberapa titik pemudik yang padat. Sehingga kita bisa beristirahat dan berobat jika mengalami kelelahan maupun sakit. Bisa juga hubungi 119 untuk info dan konsultasi pelayanan kesehatan.



Untuk pemudik yang menggunakan sepeda motor, tidak dianjurkan sebenarnya karena angka kecelakaan sangat tinggi untuk sepeda motor. Lebih baik gunakan bus atau kereta, untuk motornya bisa dipaketkan ke expedisi.

Kita lebaran makanya mudik kan ingin kumpul bersama seluruh keluarga dan merayakannya bersama-sama. Bukannya mau jalan-jalan jadi sangat aman dan nyaman jika kita menggunakan transportasi umum. Apalagi sekarang kan seperti setiap tahunnya selalu ada mudik gratis dari beberapa perusahaan dan dinas perhubungan. Jadi kita gunakan dan manfaatkan itu saja.

Komunitas supir Bus Terminal Kampung Rambutan foto bersama Ibu Menteri


Lebaran indah berkumpul bersama keluarga besar dan saling memaafkan. Demi kita para pemudik ada sebagian orang-orang yang rela tidak mudik hanya demi kita untuk bisa bersilaturahmi bersama keluarga.

Jadi tetap nomor satukan keselamatan dan kenyamanan seluruh masyarakat.

You May Also Like

1 comments

  1. Tahun ini mudik gue ke semarang bareng saudara juga mau nenggok nenek disana.

    BalasHapus

silakan berkomentar dengan sopan harap isi komentar sesuai dengan topik artikel yang dibaca. Setiap komentar yang menggandung sara,politik,menghujat,spam,dan berbau negatif akan saya hapus.

terima kasih sudah berkunjung :)