Rabu, 22 Agustus 2018

Tips cara menyusui yang benar

gunakan bantal berbentuk lingkaran untuk menopang si kecil
Photo credit : Pixabay



Menjadi seorang Ibu bagi aku merupakan hal terindah dan tak pernah terbayangkan jadinya saat mengetahui bahwa aku hamil anak pertama dan cucu pertama bagi keluarga suami. Sulit memang rasanya menjalani profesi baru sebagai Ibu rumah tangga. Namun bukan berarti aku tak peduli pada keluargaku. Saat anak pertama lahir sempat binggung dan berpikir mencari tahu cara menyusui yang benar itu bagaimana, secara aku ini belum ada pengalaman dalam mengurus bayi. Namun dengan bantuan suami yang selalu memberikan semangat bahwa aku pasti bisa memberikan yang terbaik untuk bayi mungilku ini.



Memang seminggu setelah aku melahirkan, putriku yang kini sudah menginjak usia 6 tahun. Buat aku oh ini toh yang namanya Ibu, dan rasanya seperti ini. Harus kuat, sabar dan lemah lembut pada anaknya. Mungkin Ibuku dulu saat aku bayi bersikap sama sepertiku.



Karena aku tipe pemalu yang sungkan untuk bertanya sama orang perihal bagaimana sih agar aku bisa menyusui bayiku dengan baik. Karena aku ingin anakku ini ASI saja sampai 6 bulan dan lanjut pemberian MP-ASI.



Alhamdulilah aku diberikan sebuah buku dari suami untuk dibaca-baca saat waktu lenggah, dari buku yang aku baca ternyata ada beberapa tips untuk Ibu menyusui..



"Posisi Menyusui salah satu kesuksesan Ibu dalam memberikan ASI untuk bayi"



Seringkali aku pun suka selebor dalam memberikan ASI mulai dari posisi kadang buat si bayi enak cuma bagi Ibunya justru sebaliknya merasa tidak nyaman. Lebih baik gunakan bantal menyusui yang bentuknya melingkar ke pinggang. Agar dapat menopang si kecil dengan baik dan pastinya akan nyaman ini sampai si kecil tertidur pulas. Cuma kan kita tidak tahu ya, apakah benar si kecil sudah merasakan nyaman dan tepat untuk posisinya? Yang ku baca dari buku pemberian suami bahwasannya letak kepala bayi, badan, telinga, dan lengan bayi lurus dengan begitu si kecil bisa menyusui sampai lama. 


Saat aku praktekan pada anakku ya jadinya, dagu ke payudara, sedangkan dada ke dada. Ini sudah ku lakukan dan hasilnya ' Alhamdulillah baik dan lancar si kecil tertidur pulas. Yeaaay....!


Gimana mudah kan trik nya untuk kamu yang mungkin sedang hamil anak pertama pastinya binggung dan tak tahu harus apa. Lakukan saja seperti yang ku tulis di atas itu. Oh ya selain memberikan ASI dengan benar.


Ada lainnya lagi nih seorang Ibu menyusui kudu tetap sehat tidak boleh sakit. Kalau sakit kasian si kecil nanti malah ikutan sakit. Huhuhu.... Agar tetap sehat saat fase menyusui si kecil. Wajib!


Cara menyusui yang benar ini salah satu pola makan
Photo credit : @sifora.mangamis



 1. Perbanyak minum air putih tidak kurang dari 8 gelas/hari.

 2. Jangan kebanyakan mengkonsumsi kopi atau minuman yang terlalu banyak mengandung gula. Soalnya bikin ibu gemuk dan sama sekali tidak baik untuk anak. (Contohnya kaya aku nih kebanyakan minum yang manis-manis jadi berlemak semua deh isi perut)


 3. Hidangkan buah dan sayur untuk menambah nutrisi dan gizi pada ASI.


 4. Jangan malas makan, alasannya takut gemuk lha kalau jatuh sakit gimana dong? Yang repot kan diri sendiri dan tentu akan berdampak pada kualitas ASI. (Jadi jangan ya Ibu-ibu)


 5. Boleh tidak sih mengonsumsi obat atau suplemen untuk agar ASI bertambah? Sebenarnya sih kalau nutrisi dan zat besi sudah terpenuhi mendingan tidak perlu, cukup perbanyak makan daging, hati, sayuran, dan buah-buahan sudah sangat baik untuk Ibu dan si kecil.


 6. Konsumsi susu yang khusus Ibu menyusui pun bagus kok, sekarang sudah banyak tersedia produk susu ibu menyusui di minimarket dan pasar swalayan. Tinggal pilih Ibu suka rasa apa dan pastinya belinya minta sama suaminya ya Bu. Hihihi....


Semoga bermanfaat ya artikel ini dan semangat menjadi Ibu yang hebat 😁

2 komentar:

  1. Setuju, kalau posisi menyusuinya bener, ibu dan anak bakal nyaman.

    BalasHapus
  2. Jadi ibu baru bahagianya meski banyak belajar dan tanya sana sini tentang merawat anak. Untungnya kak sif jadi blogger jadi kesempatan belajar lebih banyak

    BalasHapus

terima kasih sudah main-main di blogku! dilarang copy paste dan spam.

Follow Us @soratemplates