Rabu, 19 September 2018

# featured # KESEHATAN

#AksiSehatCeria dari dokter sehat dan kompetisi blog







  Hari Palang Merah Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 September 2018 di setiap tahunnya. Rupanya DokterSehat mengadakan sebuah acara dengan tema kesehatan. Bekerja sama dengan Indodax Indonesia, Ciputra Medical Center, Blood4Life dan Blogger Perempuan Network.


Acara  yang sudah berlangsung pada 15 September kemarin ini turut mengundang beberapa narasumber seperti Dr. Christopher Andrian, M. Gizi,Sp.GK. selaku Clinic Nutrition Specialist Ciputra Medical Center. Dan ada juga perwakilan dari Blood4Life, Faisal Nur Hidayat selaku Koordinator divisi edukasi Blood4LifeID, serta Indra Adam Darmawan selaku CEO & Co-founder Dokter Sehat.



Dalam acara tersebut semua undangan seperti blogger dan media diberikan edukasi betapa pentingnya kesehatan bagi manusia. Seringkali kita malas berolahraga dan istirahat. Maka dari ini perbincangan pagi itu dengan dokter Christopher sangat menyegarkan. Membahas apa saja sih pola makan sehat yang harus kita terapkan dalam sehari-hari.

Pasalnya ada beberapa orang yang memilih tuk diet namun dengan metode yang salah, sehingga dapat menyebabkan sakit, bukannya kurus! Menurut Dokter lebih baik makan sebanyak 5-6 kali sehari dengan selingan cemilan seperti buah-buahan. Nah kalau pagi biasanya suka sarapan apa nih kamu?  Pasti suka ketemu dengan nasi uduk. Terus kira-kira lauknya apa!

Kamu bakal pilih yang mana


 piring 1 : nasi uduk, gorengan tempe, mihun goreng, kentang balado, telur mata sapi balado, sambal,
Piring 2 : Nasi uduk, semur tempe/tahu, telur rebus balado.



Pasti yang doyan makan bakal pilih piring nomor 1 ya, hihihi.... Seharusnya untuk sarapan pagi tak perlu sebanyak itu, cukup karbohidrat, protein, kalori. Kalau kita memilih dengan sarapan pada piring nomor 1 itu sama saja berat Bu, masa pagi perut sudah diberikan makanan siang! (Katanya mau diet)

Bukan cuma pola makan saja sih yang kudu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, lakukan olahraga sebanyak 15-30 menit setiap hari lebih baik lagi saat pagi hari ketika matahari muncul karena bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan vitamin D.




Dari tahun ke tahun ternyata angka obesitas semakin meningkat itu berarti banyak orang yang tak lagi Berolahraga atau menerapkan pola hidup sehat mulai dari asupan makan, karena banyak yang konsumsi makanan junkfood. Apakah aku juga termaksud ya?! Hihihi... Sepertinya tidak karena aku rajin olahraga.

Nah dokter Christopher juga mengatakan kurangi makanan dengan produk tepung seperti tempe yang ditepungi, mie, karena rupanya tepung itu juga sudah termaksud dengan kategori karbohidrat. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein tinggi bisa dari ikan, ayam, telur, dan daging merah.





Jangan sampai salah beli bahan makanan biasa lihat dulu dibalik kemasannya berapa jumlah kalori Persani yang ada pada bahan olahan itu, karena setiap orang itu berbeda-beda mengenai kebutuhan kalori. Jadi selama ini aku salah dong ya, karena suka makan yang bertepung kaya gorengan tempe, tahu,ubi,singkong itu semua kan dikaih tepung!

Mulai sekarang sepertinya aku harus menjaga pola makan hindari dan kurangi produk tepung mulai dari tepung roti, tepung beras, tepung sagu, tepung segala rupa.Oh ya melalui web Doktersehatcom ada banyak fitur yang bermanfaat

Buat  kita dengan adanya kalkulator Body Masa Index (BMI) , Kalkulator kalori, masa subur, kehamilan kita bisa tahu kapan pun dan dimana pun tanpa perlu pergi ke dokter atau klinik ya. Tinggal lewat smartphone bisa cek deh.

Sesi pembicaraan bersama dokter pun selesai, lanjut ke persentase dari mas Faisal Nur Hidayat beliau merupakan koordinator divisi edukasi Blood4Life. Akhirnya aku tahu bahwa kerjaan admin-admin Blood4Life ini bukan sekedar men-share kebutuhan darah untuk pasien yang membutuhkan namun kegiatan mereka ini juga ada seperti booth saat event, kumpul bersama. Namun semua pekerjaan atau yang berhubungan dengan Blood4Life ini dimulai melalui via online. Oh ya sebelum Blood4Life hadir di Indonesia ini rupanya peran Valencia M Randa lah yang membangun adanya komunitas seperti Blood4Life ini. Berdiri dari kisah hidup ketika ia mengantarkan mama nya kerumah sakit dan bertemu dengan pasien yang saat itu sedang membutuhkan darah banyak. Namun karena ketersediaan pasokan darah berkurang. Sehingga muncul niat mba Valencia untuk membantu.

Blood4Life ini memiliki chapter diberbagai daerah Indonesia bagi kamu yang ingin gabung bisa lho, jangan lupa simpan ya nomor IGD Maya 0878-7519-5599 bantuan donor darah atau yang sedang membutuhkan bantuan darah.


Selesai acara Gathering Blogger aku beralih keruangan sebelah yakni ikutan donor darah sebelumnya periksa terlebih dahulu sih, berat badan, riwayat penyakit, lalu tes hemoglobin apakah normal atau rendah. Karena serangkaian pemeriksaan ini sangat ngaruh untuk bisa donor darah atau tidak. Alhamdulilah lolos dan darahku diambil sebanyak kurang lebih 350ml.

Karena ini aku sudah 2kali ikutan dondar jadi tidak takut lagi sama jarum suntiknya hihihi... Cuma ada sih rasa dag Dig dug. Ketika melihat darah sendiri!

Oh ya ada satu lagi informasi yang kalian wajib tahu buat kamu pecinta menulis ada lomba blog dari Doktersehatcom. Harus ikutan karena ada banyak hadiah senilai jutaan rupiah buat tulisanmu yang sangat menarik dan membekas di hati para juri!



 Info lengkapnya silakan ke halaman www.doktersehat.com/blogsehatceria mulai dari 15 sept - 16 Oktober 2018.



 sudah acara hari itu dan akhirnya sedikit jalan keliling melihat beberapa ruangan yang ada di Ciputra Medical Center. Ruang tunggu yang sangat nyaman, fasilitas mulai dari halaman parkir untuk tamu pasien VVIP bisa langsung masuk kedalam klinik ini. Ada 3 keunggulan yang kita hanya dapatkan dari rawat jalan klinik ini.
- Akupuntur Medik
- Fisioterapi
- Health screening psikolog (mind &  behaviour)

Indodax adalah platform untuk membeli dan menjual Digital Asset seperti Bitcoin, Ethereum, Ripple dan lain sebagainya. Digital Asset bisa dibeli menggunakan Rupiah atau Bitcoin. Indodax menyediakan sistem yang mudah, cepat dan aman untuk melakukan transaksi Digital Asset.
Acara #AksiSehatCeria merupakan salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) Indodax bersama Dokter Sehat dalam rangka memperingati Hari PMI serta untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gaya hidup sehat serta berbagi untuk kemanusiaan.

1 komentar:

  1. #aksisehatceria di mulai dari bangun tidur, kalau mpo cuci tangan,makan nasi uduk pakai bakwan aja .donor darah sudah lama, mpo tidak lakukan

    BalasHapus

terima kasih sudah main-main di blogku! dilarang copy paste dan spam.