Rabu, 10 Oktober 2018

# family # KESEHATAN

Cari tahu masa subur bagi perempuan yang sedang program hamil


Perjalanan panjang dalam kehidupan aku setelah menikah dan memutuskan untuk segera memilki momongan, rupanya direspon baik oleh suami dan juga keluarga. Ga ingin berlama hidup berduaan saja. Kami mulai program kehamilan.

Alat uji masa subur
Sensitif Ovutest SCOPI


Karena dulu tuh ga tahu di hari kapan aku memasuki masa subur. Jadinya tiap kami berhubungan seksual ya udah ngelakuin saja. Kan itu juga sebagian dari ibadah melayani suami dengan baik hasilnya kini sudah ada 2 keturunan yang imut dan lucu.


Entah mengapa seiring berjalannya waktu aku tahu ada alat dimana sangat berguna bagi kaum perempuan yang sudah menikah untuk cek masa subur.


Nah kemarin tuh pas banget diajak sama mba Ria Buchari di eventnya Sensitif Journey with Ovutest Blogger Gathering. Tempatnya sih Alhamdulillah dekat sama Stasiun Tanah Abang. Ocha & Bella Resto,  Bahagia diriku karena lokasi venue sangat terjangkau! Hihihi....

Bintang tamu & Dokter specialis kandungan


Dalam acara tersebut ada beberapa narasumber yang memang disiapkan untuk Sensitif Journey ini diantaranya ialah Chaca Frederica bintang sinetron dan juga presenter, Lalu ada Dr. Huthia Andriyana, SpoG.


Saling membagikan pengalamannya seputar kehamilan dan juga siklus haid dimana memang ada sebagian perempuan di usianya yang produktif mengalami haid yang tidak teratur. Dan juga tentu sedang melakukan program kehamilan.


Saat acara berlangsung Dr.Huthia menjelaskan perencanaan kehamilan. kira-kira berapa sering sih kita melakukan hubungan intim dengan pasangan? Dan ada ga waktu tertentu agar hasilnya mendapatkan kehamilan segera? Jawabannya ialah mengetahui masa subur.


Sebelum aku bahas lebih dalam lagi , kayanya kita patut tahu apa itu Ovulasi?
Ovulasi atau masa subur merupakan pelepasan sel telur yang matang dan siap untuk dibuahi. Hal ini terjadi 1 kali dalam 1 bulan ( jika perempuan memiliki siklus haid normal). Dan sel telur hanya bertahan selama 24 jam. Nah segera tuh yang mau nambah anak lagi buru-buru ajak suami ke kamar!


Terus gimana sama siklus haid aku?
Kalau aku semenjak punya anak dan mulai menggunakan kontrasepsi hormonal seperti suntik KB untuk urusan haid justru jadi kacau. Maksudnya ga teratur jadi agak susah nih menghitung masa suburnya.


Dari event Blogger Gathering ini aku paham sekali rupanya masa subur perempuan itu ketika 14 hari sebelum haid berikutnya. Jadi kudu siapkan kalender buat coret-coret biar ga lupa.


Emm.... Dr Huthia Andriyana juga bilang ciri-ciri perempuan ketika sedang berada di masa subur, ga lain seperti adanya perubahan suhu tubuh Basal, lalu perubahan sekresi lendir leher rahim ( serviks). Dan juga adanya indikator minor nyeri pada perut disertai perubahan pada payudara. Kalau dipikir-pikir sih kayanya aku pernah ngalamin hal seperti ini. 


Ditambah lagi keinginan untuk bercumbu bersama suami itu tinggi lho. Ini yang aku rasakan ketika saat masa subur. Apakah kamu juga sama kaya aku? Ups, jadi ngeres hihihi...


Jadi harus pintar membagikan waktu untuk yang sedang program kehamilan, mengapa kok belum juga hamil padahal kenceng goyangannya, ternyata apa karena para pasutri melakukannya ga pada tempatnya. Alias ga pada saat si istri lagi masa subur. Memang sih hasilnya sekitar 3-7% terjadi kehamilan.


Kalau belum juga hamil yang sabar ya Bu siapa tahu belum waktunya, dan Allah pasti akan kasih sesuai kehendaknya. Jadi Kun Fa Ya Kun, tiada yang mustahil selagi kita mau berusaha dan jangan lupa berdoa meminta kepadanya.


Tips dari mba Chaca Frederica jadilah istri yang disayang suami, sering-seringlah memuji suami seperti ih kamu ganteng deh, ih kamu manis deh insyah Allah suami makin cinta dan isi kantong makin tebal karena di puji sama istri tercintanya. 


Huhuhu! Oh ya pada saat bincang sama mba Chaca ada nih temanku bertanya masalah memberikan support untuk suami karena sudah lama menikah belum juga diberikan keturunan.


Cukup sabar, diamkan saja orang mau bilang apa, mau menghina apa, mau mencaci-maki apa. Kita hidup terus berjuang dan jangan mudah patah semangat. InsyahAllah selalu ada jalan bagi orang-orang bersabar. Aamiin. Tuh aku juga mendoakan untuk temanku yang sampai kini belum diberikan momongan. Semoga Allah mendengar doa kamu. Semangat!


Oh ya lupa aku juga disini mau ngabarin ah kalau Sensitif ada lho produk untuk uji masa subur dengan menggunakan urine atau air liur. Produknya seperti pada gambar dibawah ini ya.


Alat uji masa subur
Isi kemasan Sensitif Ovutest + 1 strip tes kehamilan


Cara pakai Sensitif Ovutest alat uji masa subur


1. Tampung sampel air seni dalam wadah yang bersih dan juga kering. Saran tes dilakukan lebih dari 1 hari, maka tes harus dilakukan pada jam yang sama setiap harinya.

2. Sobek sachet dan keluarkan alat tesnya.

3. Pegang ujung alat tes yang bewarna biru, lalu celupkan alat tes pada air seni hingga sebatas garis MAX. (Ingat ya jangan sampai melewati garis MAX).

4. Celupkan selama 5 detik, setelah itu angkat alat tes dari air seni dan letakkan pada permukaan yang bersih dan kering.

5. Hasil tes bisa dibaca dalam waktu 40detik, untuk konfirmasi hasil ditunggu sampai waktu 10 menit. Jangan baca hasil tes lebih dari 30 menit.


Oh ya catatan buat kamu : ga disarankan menggunakan air seni pertama pagi hari, karena kandungan hormone LH terlalu rendah, ada baiknya gunakan air seni diantara jam 10.00-20.00.


Lalu ini cara membaca hasilnya
Setelah 10 menit hasil tes akan menampakkan garis warna.

Positif : jika garis warna yang bawah gelap, atau sama dengan garis warna yang atas, maka ovulasi akan terjadi dalam waktu 24 jam sampai 48 jam ke depan.

Negatif : Jika garis warna yang bawah lebih muda dari garis warna yang atas, atau hanya garis atas saja yang terlihat,maka ga akan terjadi ovulasi (ga dalam masa subur).

Tes salah : kalau tidak terlihat garis bewarna, berarti tes yang dilakukan ga sesuai, ulangi tes dengan Ovutest yang baru.

Setelah talk show selesai ada lagi lho workshop kerajinan tangan membuat bunga tulip dari bahan yang sudah disediakan, aku sih acak masuk jadinya karna ga fokus hihihi mungkin faktor jam memasuki makan siang. Tapi hasilnya kece banget ini dia bunga tulip yang dikerjakan bareng-bareng sama teman lainnya.

Bunga tulip



Sampai lupa nih di akhir artikel, aku mau kasih tahu kalau ada challenge Sensitif Journey, kamu perempuan? Menikah dan mungkin sedang merencanakan kehamilan ikutan yuk, bagikan sebuah perjalanan indah kamu menuju kehamilan di kolom komentar pada artikel ini.

1 komentar:

  1. Alat tes kesuburannya lengkap ya, semoga ini bisa menjadikan ikhtiarku tuk bisa hamil.

    BalasHapus

terima kasih sudah main-main di blogku! dilarang copy paste dan spam.