Senin, 24 Desember 2018

Kunjungan dan melihat Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga

1



Pentingnya kesehatan bagi keluarga saya dan juga utama pada suami yang sebagai pekerja penerima upah. Rasanya selalu ingin ia sehat dan produktif. Pasalnya, ketika para pekerja mendapatkan tubuh yang sehat dan juga kuat pastinya hasil kerja pun membuahkan keberhasilan.

Suami saya pun memang merupakan tulang punggung bagi keluarga kecil kami. Dan juga penggerak ekonomi bangsa. Maka dari itu saat saya datang berkunjung ke kantor Kemenkes RI yang ada di Jakarta. Saya bangga karena Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga banyak melakukan upaya dalam rangka melindungi pekerja agar selalu hidup sehat dan bebas dari gangguan kesehatan.

Media Briefing mengenal lebih dekat Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga




Karena betapa pentingnya kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia dan juga terlebih bagi para pekerja. Dengan adanya upaya proyeksi pola kependudukan Indonesia pada tahun 2025. Untuk soal cakupan kesehatan kerja meliputi sektor formal dan informal.



Dari sanalah Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga menginginkan banyak para pekerja baik individu dan kelompok sangat memperhatikan betapa kesehatan itu sangat penting. Karena apa, seperti yang saya bicarakan diatas tadi itu kan. Sama halnya dengan suami saya yang juga sebagai pekerja harus memiliki tubuh yang sehat secara fisik dan juga non fisik. Karena ketika tubuh dan fisik bekerja dengan baik. Maka hasil kerja pun semakin membaik dan tak akan merugi.

Nah, rupanya Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga pun bukan cuma bisanya suruh dan memberikan tugas dan evaluasi. Namun untuk karyawannya sendiri pun patut dan wajib hidup sehat. Mengubah semua pola makan dan gaya hidupnya untuk lebih sehat lagi.



Selesai kami berdiskusi langsung di ajak sama Dr Kartika ke lantai 4 Gedung Sujudi untuk melihat langsung tanaman hidroponik dan juga griya sehat. Saat saya turun menggunakan tangga darurat dari lantai 7. Bayangin saja ya turun tangga sebanyak itu bisa turun deh kalori hihihi....




Kirain saya tuh saat tahu gedung Kemenkes RI hanya ya paling kantoran doang, tak ada apa-apanya. Rupanya pas lihat langsung sangat berbeda dari yang saya pikirkan. Kemenkes RI pun mengajak para karyawan nya untuk dapat hidup sehat dengan menjalankan tugas serta disiplin.

Bukan cuma itu saja yang dibuat saya kagum. Ketika masuk ke ruangan Griya Sehat inilah yang merupakan model fasilitas yang ada untuk seluruh para karyawannya. Untuk jadwal Griya Sehat Kemenkes ini akan mulai dibuka pada pukul 11.00 - 14.00 wib. Semua pelayanannya terdiri dari ;
Pelayanan akupuntur : Senin dan Kamis
Pelayanan akupresur : Selasa dan Rabu
Edukasi ramuan : Jumat
Pijat Bayi : Jumat
Nah untuk soal pelayanan di Griya Sehat baru diberikan kepada karyawan Kemenkes RI.



Lalu ada juga Ruang Terbuka Hijau RTH disini ada banyak sekali tanaman berkhasiat obat yang sudah ditata berdasarkan siklus hidup. Mulai dari pasangan usia subur, bayi, anak, usia kerja dan juga lansia.



Yang makin saya kagum di Kantor Kemenkes RI ini ada lho Gernas Bude Jamu kepanjangan dari Gerakan Nasional Bugar dengan Jamu. Hihihi, siapa yang doyan sama jamu nih dan rutin konsumsi setiap pagi juga sore. Kalau didaerah tempat saya tinggal setiap pagi selalu datang kerumah memberikan jamu. Memang sudah menjadi langganan bagi keluarga saya. Direktorat jenderal kefarmasian dan alat kesehatan sudah membangun 3 gerai jamu di Lobby Sujudi, lobby gedung adhyatma blok A dan blok C. Yang nantinya diharapkan seluruh karyawan Kemenkes RI akan semakin mencintai warisan leluhur Indonesia. Dan juga hidup sehat dengan minuman tradisional.

Ada TPA Serama di Gedung Kemenkes RI




Sebagai tempat penitipan anak dan juga ruang ASI. Disini itu anak-anak yang dititipkan mulai dari usia 3 bulan sampai 6 tahun. Tidak menutup kemungkinan usia diatas 6 tahun pun akan diterima disini. Semua para pengasuhnya pun terbaik dan sudah terlatih. Jadi untuk para karyawan Kemenkes RI dapat dengan tenang bekerja tanpa kwartir memikirkan keselamatan anaknya. Kalau soal iuran bulanan ada. Hanya saja gaji para pengasuhnya ini sudah ditanggung oleh Kemenkes RI. Bagian ruangan ASI pun ada konselor yang kita saat memerah bisa sambil konsultasi dengan para Ahli nutrisi.




Anak-anak yang tinggal di TPA Serama ini bukan cuma di titip saja, namun ada proses pembelajaran disini, yang melatih motorik si anak. Menyanyi, menari dan mengenal anggota tubuh. Jadi anak akan merasakan senang dan tak akan bosan berada lama di TPA Serama.



Klinik Kesehatan ada di sebelah Gedung Adhyatma blok C




Untuk klinik milik Kemenkes RI ini baru untuk karyawan saja, belum untuk umum nih. Menerima BPJS kesehatan juga. Dan sudah ada dokter jantung, dokter rehab medik, dokter paru, Rontgen, dan ambulance. UGD pun siap gunakan Apotek.



Mau olahraga pakai alat yang kaya di fitness gitu, Kemenkes RI punya Fitness Center.




Untuk bisa memakai ruangan fitness center. Pukul 06.00 wib dan 17.30 wib setelah selesai bekerja. Adapun kegiatan harian yang dilakukan oleh seluruh karyawan Kemenkes RI ini seperti Aerobik, Line, Dance, Yoga, Senam pencegahan osteoporosis, Weight Training. Tujuannya memberikan aktivitas fisik seperti ini agar seluruh karyawan dapat hidup sehat dan memiliki kebugaran pada jasmaninya.

Didukung dengan Kantin Sehat 


Upaya percontohan untuk kantin ditempat lain. Agar dapat menerapkan sistem jual makanan dan minuman yang sehat. Pas saya di ajak makan siang di Kantin Sehat ini tuh suasananya nyaman banget. Nilai plus nya yang ga ada di kantin lain itu kalau disini tuh sehabis kita makan. Wajib lho beresin sendiri peralatan makanan ke tempat yang sudah di sediakan. Nah, buat yang suka makan siang di Kantin Sehatnya Kemenkes RI ini pasti sebelumnya tahu dong. Dulunya tuh Kantin Sehat ini berada di belakang Gedung Sujudi. Namun karena dibawah kantin itu ada tempat pembuangan limbah akhirnya dipindahkan ke B2 dekat dengan tempat parkir mobil.



Peraturan di Kantor Kemenkes RI ini setiap jam 10.00 dan 14.00 wib selalu ada senam perenggangan. Jadi saat jam tersebut seluruh karyawan berhenti bekerja. Dan melakukan senam perenggangan.

Jadi, bagi para pekerja agar semakin mendapat hasil kerja yang baik dan produktif. Harus menjaga kesehatan tubuh rohani dan juga jasmani. Lakukan olahraga setiap hari selama 30 menit. Terserah mau jogging, senam , atau renang. Yang penting selalu ada aktivitas fisik.

1 komentar:

terima kasih sudah main-main di blogku! dilarang copy paste dan spam.