Blogger itu

Photo credit pixabay


Berawal dari sebuah sosial media dengan niat ingin menambah pertemanan dan juga tali silaturahmi pada sesama manusia. Saya bergabung di sosial media itu sejak tahun 2009.

Kalau untuk menulis memang sudah menjadi suatu hobi dan kebiasaan saya sejak di bangku sekolah dasar. Namun karena memang saat itu kan belum ada smartphone akhirnya lebih menulis pantun, puisi, dan coretan di dalam buku tulis.

Alih-alih cari penghasilan dari hobi saya ini. Semenjak menikah sudah tak bekerja lagi dan lebih banyak mengurus rumah tangga. Nah, karena merasa bosan tak ada yang bisa di hasilkan jika saya terus dirumah sepanjang hari.

Coba deh berkenalan dengan salah satu seorang blogger yang juga sudah banyak banget event yang ia hadiri dan mendapatkan pundi rupiah dengan hanya menulis saja.

Hobi yang mendatangkan banyak koin bukan sensasi.

Photo credit pixabay

Blogger, siapa yang tak kenal dengan istilah itu! Kenapa kok disebut blogger. Apa tak ada nama lain. Tahukah platform bawaannya Google salah satu produknya yaitu blogspot selain Gmail, Drive dan lainnya.

Nah, karena itu wadah untuk orang seperti saya yang memiliki hobi menulis maka dari itu lebih suka menuangkan segala ide dan kisah pengalaman pribadi melalui tulisan. Dan agar bermanfaat untuk banyak orang dan bisa di baca oleh oranglain. Saya memilih menulis dan di share melalui blog.

Cara pembuatan blog pun sangatlah mudah bisa memilih mengunakan wordpress atau blogspot. Kalau saya keduanya sudah punya akun di masing-masing wordpress dan juga blogspot.

Baca juga 7 manfaat dari ngeblog

Lalu, gimana sih cara dapat job blogger dari brand berkelas dan ternama di Indonesia bahkan mungkin bisa sampai ke mancanegara. Itu semua tergantung dari hasil karya tulisan kita. Seberapa menarik dan bermanfaat nya untuk orang banyak.

Awal saya ngeblog itu belum ada bayaran karna dulu lebih banyak isi tulisan curhat ke pengalaman pribadi ketimbang saya mereview produk orang. Masuk tahun 2015 lah mulai deh menggunakan sosial media seperti Facebook untuk mencari teman yang sesama penyuka ngeblog.

Selama setahun saya mencari jati diri sendiri apakah passion saya cocok di dunia blogger atau karna aji mumpung!

Berawal dari seorang teman yang sesama menekuni dunia pembloggeran, maka nya saya ikutan bergabung di berbagai komunitas blogger yang ada di Indonesia.

Komunitas Blogger apa saja yang ada di Indonesia terutama daerah Jakarta dan sekitarnya; kecuali KBM I Don't know?

Photo credit pixabay


Kumpulan Emak Blogger
Blogger Perempuan Networks
Bunda Blogger Indonesia
Blogger Crony Community
Kelas Blogger
Blogger Tangsel
Blogger Plus
Blogger Jakarta
Blogger BSD
dan masih banyak lagi yang tak bisa saya sebutkan namun semua komunitas ini nyata dan memberikan begitu banyak manfaat bagi para membernya.

Karena dari komunitas seperti itulah yang suka berikan job blogger dengan sesuai Niche dari blog yang saya punya. Untuk blog saya sendiri lebih ke lifestyle jadi kalau misalkan di ajak ke event beauty ya tak cocoklah. Hehehe!

Photo credit pixabay


Mengapa saya memilih menjadi blogger, karna yaitu tadi pertama hobi yang menghasilkan uang. Mau kamu hobi masak, membaca, menulis, menyanyi ,menari semua itu kalau kita tuang ke wadah yang benar pastinya akan mendapatkan hasil yang nyata.

Mengapa sih memilih menulis di blog bukannya di media lainnya. Karena bisa memberikan manfaat kepada orang yang membaca tulisan saya. Meski mungkin satu atau dua orang saja. *Nambah PV hihihi!

Suka dan Duka dalam dunia blogger

Photo credit pixabay


Untuk saya yang mungkin belum hitz atau masih minim jumlah pembaca. Dukanya itu ketika dikejar deadline tulisan. Selalu di chat sama pihak pic brand nya, tanyain meskipun waktu sudah malam sambil basa-basi sudah tidur belum kakak? Jangan lupa reminder H-3 ya kak tulisannya sudah harus di posting. Maaf jangan sampai typo alias contohnya kaya gini saya nulis makan tapi hasilnya makam.

Ada lagi yang parah, tulisan sudah di posting perjanjian awal uang jajannya bakal cair setelah artikel naik. Tapi faktanya malah maaf ya kak klien minta di revisi ada bagian yang harus ditambahkan. Huhuhu! Aduh sontak dong saya rasanya tuh mau nangis tak karuan sudah lelah menulis sebanyak 500 kata bahkan sampai 1000 kata. Tapi klien belum puas!

Baca juga tema blog yang paling asyik

Lalu masih enak tak jadi Blogger!
Enak tak enak, ya tetap harus dijalankan bersikap profesional saja. Meski hati mungkin gondokan hihihi! Blogger juga kudu punya akun sosial media yang harus memiliki jumlah pengikut 1000 itu minimal dan maksimal 10ribu. Bahkan lebih kalau mau dapat uang jajan banyak. Jadi jangan anggap blogger itu mudah tinggal nulis dan posting cuss deh uang jajan cair.

Kenyataannya tak semudah itu Bu, harus cari ide buat setiap artikel yang akan saya tulis untuk di blog pribadi saya. Kini blog sudah berdomain yang ujungnya .com bukan lagi blogspot.com atau wordpress.com itu juga kudu bayar tiap tahun paling murah 100ribuan dan sampai yang mahal pakai hosting segala bisa 500ribu pertahun. Bayangin saja tuh blogger kudu simpen uang jajannya dari hasil ngeblog selama beberapa bulan.

Photo credit pixabay

Memang senangnya itu ketika hasil tulisan menang kompetisi blog dan mendapatkan beberapa hadiah yang bisa dipakai untuk keluarga, liburan bersama anak-anak. Dan traktir teman yang sudah bantu cariin PV (Pageview). Biar klien makin senang saat kita sodorkan semua screenshot PV. *Blogger asli pasti tahu PV itu apaan.

Lalu masihkah mau menjadi blogger

Saya terus terang pernah berada dalam keadaan dilema akan karier ataukah anak-anak. Secara blogger setiap ada event itu diharuskan tak membawa anak,saudara,bibi,paman,nyokap,bokap,kakek,nenek dan satu RT. Huhuhu! Setiap ada event saya memutuskan untuk menitipkan kedua anak saya yang masih balita ke orangtua. Alhamdulillah rumah orangtua tak jauh dari kediaman saya. Sekali lagi mengorbankan kepentingan anak-anak demi kecintaan akan hobi saya.

Tapi saya senang karena bisa bekerja dengan baik. Tanpa keluar uang banyak untuk membayar pengasuh, cukup uang jajan dari hasil blog dipakai buat biaya transportasi ke setiap event yang saya hadiri. Dan jika ada sisa saya tabung untuk kebutuhan lainnya.

Memang blogger bukan pekerjaan yang gajinya itu tetap seperti karyawan di perusahaan. Ada kalanya saya datang sebagai blogger tanpa hak dan kewajiban. Jadi cukup memberikan kontribusi membagikan info seputar kesehatan dan lainnya. Jadi yang berpikir menjadi blogger itu enak karna selalu dapat uang banyak.

Maaf Anda salah besar! Banyak kegiatan blogger di luar sana yang ga selalu mengharapkan imbalan. Yang penting semua orang tahu apa yang blogger share itu valid dan terpercaya dari sumber benar.

Untuk setiap tulisan yang saya buat harus selalu benar dan berdasarkan pengalaman pribadi. Jadi menurut saya selama bisa memberikan manfaat kepada orang banyak dan itu benar saya akan terus menulis dan berbagi agar semua orang mengerti kalau susahnya jadi blogger itu ketika ide hilang semua dan harus lari beli kopi sambil cari WiFi kenceng biar ide balik lagi. Hahaha!

Kalau kalian apa biar ide balik lagi, sama ga beli kopi atau makan mie ayam ?


Perjuangan besar bisa sampai menangis sehari semalam demi dapat followers ribuan

Bayangin saja buat cari pengikut di sosia media itu juga penting buat blogger, kalau beli instan ketahuan sama brand bisa hack nama kita. Tapi kalau follow 100 akun IG asli dalam waktu setiap 1 jam. Kan jari juga lama-lama keriting deh. Inilah kejamnya dunia perketikkan hehehe bahasa apa coba tuh. Jangan terlalu serius ya bacanya nanti terbawa esmosi uppss emosi.

Cuma mau kasih tahu setiap pekerjaan itu memang penuh pengorbanan, perjuangan, nangis darah, bahkan termehek-mehek. Sampai kopi habis 3 gelas. Hahaha....cuma demi apa coba? Demi sebuah hobi yang mengantarkan kita menjadi manusia lebih berguna lagi untuk bangsa dan negara.

Ada yang mau kamu tambahkan? Silakan di kolom komentar ya!

Komentar

Postingan Populer