Selasa, 02 Juli 2019

ada sentuhan cinta dalam pijat bayi

Sentuhan Cinta



Keluarga sebuah landasan kehidupan bagi setiap insan pasangan hidup di dunia, Disempurnakan dengan adanya kehadiran buah hati tercinta. Maka menjadi Ibu itu bukanlah hal yang mudah namun juga sangat menyenangkan ketika melihat 1000 hari pertamanya sejak dalam kandungan sampai ia berusia 2 tahun.

Saya sendiri pun ketika hadirnya buah hati betapa bahagia dan senang namun juga bercampur aduk, karena tugas baru sedang menanti dengan menjaga dan mengurus buah hati rasanya bagi saya yang belum berpengalaman apakah bisa menjaga dan membesarkan serta memberikan ilmu pendidikan untuknya. Namun memang seorang perempuan sudah kodratnya dari ilahi untuk bisa menjaga, memberikan sentuhan cinta dan kasih sayang pada Si Kecil.



Bunda tahukah akan kalimat sebuah ungkapan Sentuhan Cinta” yang disini artinya atau maksudnya ialah memijat bayi untuk merangsang tumbuh kembangnya dan mengikat bonding antara Ibu dan Anak. Sebenarnya bukan di pijat ya bunda, tapi diberikan sentuhan seperti melalui belaian lembut kepada bayi. Karena bayi juga bisa merasakan kelelahan sama seperti orang dewasa. Hanya saja bayi belum bisa berbicara atau berkomunikasi. Dengan ungkapan tangisan bayi atau rewel dan merenggek itu memberikan sinyal pada Ibunya bahwa sang bayi kelelahan atau merasa tidak nyaman.

Lalu apa saja sih manfaat dari pijat bayi



Melalui proses memijat bayi akan membantu meningkatkan kesehatan psikologis bayi dan saluran pencernaannya menjadi lancar dan apa yang di makan bayi lebih dapat diserap dengan baik. Bukan cuma itu saja tapi juga meningkatkan imunitas bayi dan kepadatan mineral tulang.

Nah, bunda sudah tahukah, masih banyak lagi lho manfaat dari pijat bayi, kalau saya biasa sebelum mandi dan sesudah mandi melakukan pijat bayi. Dan saat mandi pun air rendamannya saya berikan baby oil agar saat memandikannya kulitnya tak iritasi atau kecet kena tangan saya hihihi!



Kemarin itu saat 26/06 saya menghadiri sebuah acara dari Johnson’s yang didalam kegiatannya ada talkshow dan workshop pijat bayi. Berlokasi di Gran Mahakam Hotel, tujuan acara ini berlangsung sebenarnya ingin memberikan edukasi penting bagi para orangtua yang menantikan kehadiran Si Kecil dan juga bagaimana kita sebagai orangtua dapat memberikan yang terbaik dan juga menghiindari dari angka kematian pada bayi di Indonesia.



Periode emas atau yang dikenalnya 1000 hari pertama kehidupan ini merupakan periode penting bagi bayi, karena saat inilah proses tumbuh kembangnya sangat penting sekali dan berpengaruh terhadap periode berikutnya. Melalui dukungan dari Johnson’s berupa program Sentuhan Cinta untuk mendorong para orangtua terutama sang Ibu di Indonesia agar terus mendukung betapa pentingnya akan sentuhan cinta ibu bagi kesehatan dan perkembangan bayi. Dan Johnson’s pun merangkul Habitat for Humanity , Alfamart dan Shopee.



Workshop Pijat Bayi “Sentuhan Cinta”

Saat saya mengikuti talkshow dan juga masuk ke sesi melakukan pijat bayi dengan langsung oleh praktisinya langsung, saya dan seluruh Ibu yang hadir diberikan step by step cara melakukan pijat bayi yang benar, untuk yang sedang hamil seperti saya menggunakan boneka yang sudah disediakan oleh tim edukasi profesional dari Johnson’s. Betapa antusiasnya semua ibu yang ikutan pijat bayi ini. Walaupun ada tuh barisan paling depan sebelah kanan ditemanin sama suaminya. Hihihi! Biar tahu ini lho caranya.


Baca juga ya Sentuhan Cinta untuk bunda yang ingin mendapatkan informasi mengenai kampanye Sentuhan Cinta

 Berikut langkah-langkah pijat bayi

1. CARESS LOVE
Letakkan kedua telapak tangan bunda di atas dahi dan pijat perlahan ke bawah mengarah ke dagunya. Seperti membuka buku.

2. RELAX
Pijat area di atas alis, dari tengah ke samping menggunakan kedua ibu jari. Pijat perlahan.

3. SMILE
Pijat secara perlahan dengan membuat pola senyuman di atas bibir menggunakan ibu jari. Lakukan hal yang sama pada bawah bibir.

4. BUTTERFLY
Dengan kedua telapak tangan yang diletakkan di tengah dada, gerakkan kedua telapak tangan keatas sampai dibawah leher. Kemudian ke samping dan kebawah kembali ke tengah, tanpa mengangkat tangan.

5. CROSS/MENYILANG
Letakkan kedua telapak tangan di kedua sudut tulang rusuk terbawah. Pijat menyilang dari arah pinggang menuju bahu dan sebaliknya. Lakukan secara bergantian, kanan dan kiri.

6. I
Pijat bayi dengan lembut dengan 3 ujung jari tangan membuat pola dari perut kiri atas bayi lurus ke bawah, seperti membentuk huruf i.

7. L.O.V.E
Buat garis di atas perut dari kanan atas kiri ke atas bayi. Kemudian, lanjutkan dengan membuat garis ke bawah perut membentuk huruf L.

8. U
Selesaikan dengan membuatr huruf U terbalik dari perut sebelah kanan bayi. Arahkan jari bunda perlahan ke atas perut dan turun mengarah ke perut sebelah kirinya.

9. WALKING FINGERS
Tekan seluruh bagian dinding perut dengan ujung jari telunjuk, jari tengah , dan jari manis bergantian berjalan dari kanan ke kiri untuk mengeluarkan gelembung-gelembung udara.

10. FINGER SHAKE
Goyang dan tarik lembut setiap jarinya dari jempol hingga kelingking.

11. ROLLING
Gunakan kedua telapak tangan untuk membuat gerakan seperti menggulung dari pangkal lengan menuju pergelangan tangan.

12. MILKING
Pegang tungkai bayi dengan kedua telapak tangan. Tangan kanan memegang tungkai atas dan tangan kiri memegang tungkai bawah(seperti memegang tongkat kasti). Buat gerakan seperti memerah secara berulang-ulang. A. Milking India : gerakan memerah dari paha ke bawah lalu B. Milking Swedia : gerakan memerah dari tungkai ke atas.

13. RELAX ( KAKI )
Pegang kedua pergelangan kaki bayi, silangkan ke atas sehingga mata kaki kanan luar bertemu dengan mata kaki kiri dalam. Kembalikan posisi kaki pada posisi semula, gerakan ini dilakukan dengan bergantian dan berulang-ulang.

14. SLIP (PIJATAN MELUNCUR)
Baringkan si buah hati dengan posisi dada dibawah, ( tengkurap). Posisikan satu telapak tangan bunda , tegak lurus dengan tulang punggung bayi. Gerakkan telapak tangan dengan lurus atas ke bawah, dari leher hingga bokong.



Begitu deh cara step by step melakukan pijat bayi di rumah setelah memandikan Si Kecil atau sebelum tidur sih, kalau saya saat ia rileks dan tak rewel atau sebelum makan. Biar tak muntah hihihi!

Terima Kasih Johnson's sudah membangun pusat kesehatan anak (posyandu) di desa Randusongo, Gresik, Jawa Timur. Bahagia banget ibu dan anak di Indonesia kini bisa mengetahui manfaat dari Sentuhan Cinta Pijat Bayi. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alhamdulillah, Terima Kasih sudah mampir dan meluangkan waktunya untuk sejenak membaca artikel ini. Semoga bermanfaat dan jika menarik untuk kalian share silakan. (Namun maaf untuk komentar yang menyinggung dan berbau negatif akan saya hapus). Terima Kasih 😊

© Lifestyle Simple | Blogger Template by Enny Law