Rabu, 03 Juli 2019

Cara Balik Nama BPKB motor dan STNK



Pengalaman adalahguru terbesar dalam hidup. Nah, disini saya mau bagi cerita perjalanan dari rumah menuju kantor Samsat Ciputat. Urusan saya kesini itu tidak lain ialah balik nama kendaraan bermotor yang baru saja saya beli secara second/bekas.


Langkah-langkah berikut bisa kamu siapkan sebelum tiba di kantor Samsat Tujuan ya guys!


Pertama kalian harus mempersiapkan beberapa berkas penting untuk diserahkan ke loket Samsat Ciputat. Hal ini untuk pengajuan ganti nama di STNK.

‌ STNK Asli dan FC STNK
‌ BPKB Asli dan FC BPKB
‌E-KTP Asli dan FC E-KTP
‌Faktur/Kwitansi Pembelian kendaraan
‌Cek Fisik Kendaraan 

Kalau misalkan kamu tak ada waktu untuk fotocopy berkas yang ada, bisa lho di area parkir kendaraan Samsat Ciputat tersedia toko fotocopy. Cukup siapkan berkas tadi dan bayar 5ribu saja. Selesai dari saya fotocopy langsung deh ke area cek fisik. Kendaraan di parkirkan dan petugas siap menggesek body motor saya. Untuk berkas yang tadi sudah saya fotocopy diserahkan ke petugas cek fisik.


Untuk biaya cek fisik dikenakan Rp.30.000 saja.

Setelah dari loket cek fisik saya disuruh kebagian TU POLRI ada nya di lantai 1 sebelah kanan pojok dari pintu masuk. Karena tak pakai nomor antrian jadinya sistem nya antri berdiri sampai giliran saya tiba. Serahkan semua dokumen yang sudah lengkap. Disini saya dikenakan biaya. Entah biaya jasa tanda tangannya atau memang sudah termaksud didalam proses balik nama ini, sebesar Rp.10.000 saja.


Setelah saya dari loket TU POLRI langsung naik ke lantai 2 bagian loket perubahan atau namanya BBN KB II disini saya menunggu untuk dipanggil. Prosesnya 8 jam kerja jika surat dan dokumennya lengkap. Tapi selama saya menunggu tak sampai 1 jam sudah dipanggil oleh petugas loket perubahan.


Bapak petugas memberikan arahan untuk langsung ke bagian kasir. Nah, tiba deh saatnya proses balik nama STNK saya jadi. Petugas kasir memanggil nama saya dan total biaya untuk ganti/perubahan nama pemilik.


‌PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) Rp. 131.200
‌SWDLLJK Rp. 29.700
‌Biaya ADM STNK Rp.100.000
‌Biaya ADM TNKB Rp. 60.000
‌Biaya ADM SAH  -

*Untuk PKB sendiri harganya berbeda ya tergantung jenis motor dan tahunnya. Kalau harga diatas itu motor saya spacy tahun 2011.

Rupanya saat ini proses pembuatan STNK tidak memakan berhari-hari. Saya datang ke Samsat Ciputat pukul 09:00 wib dan selesai itu siang sekitar pukul 12:00 wib.
Lanjut deh urus balik nama di BPKB  untuk syaratnya sama dengan yang diatas, hanya saja yang berbeda ialah STNK kini atas nama saya. Sudah bukan lagi pemilik sebelumnya!


Lalu, saya jadwalkan untuk ke Polda Metro Jakarta pada hari Rabu pagi, dengan menggunakan transportasi umum seperti commuterline. Naik dari stasiun Sudimara lalu turun di stasiun Palmerah lanjut pesan ojol dengan tujuan Ditlantas Polri Gedung Biru depannya plaza semanggi. Tiba di sana sekitar pukul 09.00 pagi. Lalu masuk ke gedung lalu berkas-berkas diperiksa oleh petugas.


Langsung menuju lobby dan diberikan id card dengan menukar KTP sebagai identitas untuk masuk. Langsung deh dari pintu masuk saya di arahkan ke sebelah kiri ada berjejer komputer dengan petugas kepolisian yang siap membantu. Tinggal berikan berkasnya bersama id card untuk langkah selanjutnya petugas hanya bertanya nama dan tempat tinggal apakah sudah benar atau belum. Selesai dari situ diberikan form untuk proses balik nama.
Lanjut di arahkan kembali menuju loket BRI dengan menyiapkan uang sejumlah Rp. 225.000, untuk kendaraan roda 2. Dari loket BRI saya kembali menuju loket pendaftaran balik nama. Menunggu nomor antrian dipanggil setelah itu menuju loket pengambilan BPKB yang sudah jadi atas nama saya di lantai 2. Kurang lebih prosesnya 1jam.


Nama saya dipanggil dan BPKB atas nama saya sudah jadi deh. Yeaaayy!....


Oh ya bintang 5 untuk segala proses di kantor Polda metro jaya ini. Saya senang semua petugas cukup baik dalam memberikan arahannya dan beberapa ramah. Untuk kamu yang baru pertama kali kesini sering-sering untuk tak malu bertanya kepada para petugas yang ada. Karena kalau diam saja bisa-bisa kamu nyasar masuk ke gedungnya. Hehehe!


Oh ya tak ada eskalator lho, jadi murni naik dan turun tangga untuk menuju lantai 2. Buat bumil kaya saya sih pelan-pelan naiknya. Huhuhu!


Noted : Saat ke Polda berpakaianlah rapi dan sopan, lalu kini proses balik nama/ perubahan nama pemilik tidak sampai 2 Minggu lamanya. Hanya beberapa jam sudah jadi kok! Siapkan uang pas agar tak ribet untuk mencari uang kembalian meskipun di kasir BRI tersedia sih. Sekali lagi tak ada pungli ya. Jadi aman dan nyaman deh biasakan mengurus segala administrasi negara itu sendiri tak perlu suruh orang. Karena bisa jadi pengalaman buat diri sendiri.


*Budidayakan Membaca dan Mendengar dengan benar dan baik. Selama berada didalam lingkungan Ditlantas Polri Jakarta.
See you semoga membantu dan bermanfaat buat kalian semua!

1 komentar:

  1. Oh jadi sekarang biaya balik nama bpkb di polda itu kena 225rb ya, dulu masih 80rb udah naik berarti ya. Terus kalau perpanjang STNK habis berapa kira-kira mbak?

    BalasHapus

Alhamdulillah, Terima Kasih sudah mampir dan meluangkan waktunya untuk sejenak membaca artikel ini. Semoga bermanfaat dan jika menarik untuk kalian share silakan. (Namun maaf untuk komentar yang menyinggung dan berbau negatif akan saya hapus). Terima Kasih 😊

© Lifestyle Simple | Blogger Template by Enny Law