28/09/19

Cerita Anak dengan Tanggap Yang Lengkap

 
Tahukah mama, setiap anak itu terlahir dengan akal dan hati, tentu tidak semua anak di dunia terlahir dengan kemampuan yang sama. Jika kita sebagai orangtua mampu memberikan ruang bagi si Kecil untuk membangun rasa pedulinya. Maka Anak akan tumbuh menjadi pribadi yang hebat dimana kemampuan berpikirnya akan terus berkembang bersama kebesaran hatinya.

Sebagai seorang ibu saat ini saya memiliki dua puteri yang usia tak terpaut jauh, untuk si Kakak kini sudah berusia 7 tahun, sedangkan si Adik 4 tahun. Bagi saya dalam mendidik dan memberikan stimulasi yang tepat sesuai dengan usianya, susah-susah gampang.

Untungnya, kemarin tepat di tanggal 16 Agusutus 2019 saya mengikuti Bebelac Family Date Jakarta, ditemani si Kakak, kami berdua saling berbagi kebahagian karena disana ada kids corner yang bisa diikuti oleh anak-anak yang hadir. Rupanya bukan saya saja yang ada di acara tersebut, begitu banyak para mama bersama anak-anaknya. Rata-rata mereka membawa si Kecil usia 1 - 6 tahun.

Bebelac Family Date



Seluruh mama yang hadir diberikan edukasi dan juga anak-anaknya dapat bermain dan berinteraksi dengan yang lain. Oh ya, sudah tahu kan tentang IQ dan EQ itu apa mam?
IQ sendiri merupakan ukuran kecerdasan intelektual seseorang, sedangkan EQ menunjukkan kecerdasan emosional seseorang. Lalu dari itu semua mana sih yang lebih penting? Kalau kata para ahli menjelaskan ya mama, keduanya itu sangat penting. Maka dari acara Bebelac Family Date memberikan informasi untuk setiap mama yang datang, untuk seluruh perkembangan kecerdasan si Kecil dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan pola asuh orangtua.


Disana pun anak-anak diajarkan gimana sih cara membantu oranglain atau teman yang sedang membutuhkan pertolongan? Apakah memang perlu dibantu atau tidak ya! si Kakak karena usianya 7 tahun jadi saat ia disuruh mewarnai kelinci bersama teman-temannya , sangat antusias dan mengerti, berbeda dengan anak dibawah usianya. Mungkin ada rasa malu atau takut bertemu dengan teman baru. Di saat itu juga si Kakak dapat bergaul, berinteraksi dan memahami situasi. (ga rewel hihihi..)


Ada sesi meminum susu bebelac dan juga mendengarkan donggeng judul ceritanya “o’ow Harus Apa Ya?’ anak-anak sangat senang banget seperti sedang bermain hihihi padahal mah lagi dilihat lho sama psikolog apakah anak-anak ini sudah terpenuhi stimulasi cepat tanggapnya. Lalu donggeng ini sesungguhnya menceritakan seorang Chef yang sedang kebinggungan karena dapurnya tampak berantakan sekali dan juga kotor, sampah berserakan dan peralatan memasaknya pun berceceran kemana-mana.



Anak-anak yang setelah mendengarkan donggeng yang diceritakan oleh kakak dari RumahDadelion ini diberikan tugas untuk membantu Chef membersihkan dapurnya. Kebetulan sekali si Kakak dapat tugas menyapu sisa-sisa tepung yang jatuh di lantai. Sedangkan teman lainnya mengelap meja dan
menyimpan kembali peralatan memasak ke tempat semula. Saya melihat si Kakak ini tampak senang karena bisa membantu Chef yang sedang kesulitan. Tak ada rasa beban diwajahnya. Ia, mengerjakan tugasnya dengan ceria dan baik.

Berkreasi dengan membuat donat



Karena sesi membantu Chef sudah selesai kini anak-anak yang hadir di ajak membuat donat, donatnya sudah matang tinggal diberikan hiasan, Saya hanya membantu memberikan intruksi harus apa dan bagaimana cara menghiasnya. Ternyata si Kakak sudah bisa menkreasikan sendiri tanpa bantuan saya. Kalau kata psikolog di sesi ini, sebagai mama harus memberikan waktu atau kesempatan pada si Kecil untuk melakukan pekerjaan rumah. Contohnya bisa dengan memintanya membersihkan rumah atau kamar si Kecil, dan tunjukkan caranya bagaimana, terkadang ada anak yang ingiin sekali membantu mama atau papa dirumah namun karena keterbatasan kekuatannya maka anak binggung harus melakukan apa, disinilah peran mama dan papa dibutuhkan untuk memberikan dorongan atau stimulasi untuk menjadikan si Kecil tanggap yang lengkap.


Nah, mam saya pun diberikan tips nih dari acara Bebelac Familiy Date kemarin, Gimana dengan tahap perkembangan si Kecil dari usia 1 - 7 tahun, dan bagaimana perkembangannya.

Tahap Perkembangan si Kecil usia (1 - 2 tahun)

 

Kini Bebelac hadir dengan kemasan baru dan juga formula yang ditingkatkan dengan Fish oil dan Omega 6 yang lebih tinggi dibandingkan formula sebelumnya, mama untuk membantu memberikan nutrisi dan stimulasi yang tepat agar si Kecil tumbuh dengan tanggap yang lengkap, dan juga
kemampuan berpikirnya berkembang bersama kebesaran hatinya. Yeaaayy....

1 komentar:

  1. anaknya pintar sekali ya bisa membantu menyapu dan juga tanggap gitu., berarti harus berikan stimulasi yg tepat untuk anak .

    BalasHapus

terima kasih untuk komentar anda

 

Tulisan Ibu dari anak cerebral palsy - khairunnisa Template by Ipietoon Cute Blog Design