Sudah buat Akta Lahir untuk si bayi ? Ini cara dan syaratnya


Pembuatan Akta Kelahiran Anak di Kota Tangerang Selatan


Hak anak untuk mendapatkan Akta lahir itu memang sudah menjadi kewajiban bagi setiap orang tua di Indonesia. Untuk di akui oleh negara. Pasalnya banyak sekali yang anaknya sudah dewasa malah belum memiliki Akta lahir.
Oktober lalu saya melahirkan anak ketiga dan saat ingin pulang seperti biasa si ayah mengurus administrasi bagi Ibu dan anak selama berada di pelayanan kesehatan. Bidan pun memberikan berkas berupa kertas selembar yang sudah diberikan cap stempel dan juga tanda tangan si penolong persalinan.




Gunanya kertas itu sebagai alat untuk dapat melengkapi persyaratan pembuatan Akta lahir bagi bayi baru lahir. Bukan cuma itu saja saat suami berkunjung ke kelurahan setempat tak jauh dari rumah. Ada beberapa syarat yang wajib dilengkapi seperti ;

Kartu keluarga asli dan fotocopy
E-KTP kedua orang tua berupa fotocopy
Buku nikah fotocopy
Surat keterangan lahir dari tempat bersalin

Karena suami sudah lengkap semua persyaratannya, maka dari itu di proses oleh pihak kelurahan. Untuk diberikan lampiran permohonan yang sudah di cap oleh petugas kelurahan untuk kita serahkan ke Disdukcapil Tangerang Selatan yang berlokasi di Cilenggang.
Kata petugas kelurahan sih proses pembuatan akta lahir memakan waktu selama 14 hari kerja. Tidak terhitung hari libur ya!


Disini mulai pilihan datang mau minta di urus orang kelurahan atau pribadi jalan sendiri kesana. Karena suami kerja dan pikirnya akan libur 2x untuk proses akta lahir ditambah penambahan anggota keluarga baru di kartu keluarga. Akhirnya suami memilih untuk meminta di urus oleh orang kelurahan.


Sebenarnya pembuatan administrasi seperti akta lahir dan kartu keluarga itu free lho tidak dipungut biaya, alias GRATIS. Hanya saja mungkin istilahnya buat ganti bensin karena petugasnya wara wiri bawa data berkasa kita.
Maka dari itu suami kemarin ngasih ganti bensin kurang lebih 250ribu. Untuk sekalian kartu keluarga.


Gue sih mikirnya begini 2 hari libur kerja so pasti upah di potong sama bos hitungannya sama aja kan jalan sendiri ngeluarin duit juga buat bensin, biaya parkir kendaraan, makan dan jajan disana. Walaupun dikata gratis emang sih enak ga ngeluarin duit gede tapi coba di kalkulator lagi sama aja kan.


Ini dia cara membuat KIA (Kartu Identitas Anak) di Living World Alam Sutera, Gratis tidak dipungut biaya.


Yang penting anak-anak gue udah dapat hak nya memiliki akta lahir dan nama nya juga terpampang nyata didalam catatan sipil dan kartu keluarga. Jadi nanti kalau mau sekolah udah ga repot lagi soal administrasi kewarga negaraan. Tinggal mikir buat beli seragam dan kebutuhan alat tulisnya.


Jangan kaya di gang sebelah anak udah pada gede tapi belum punya akta lahir. Ujung-ujungnya repot kan ngurusnya harus ke penggadilan dulu . Aduh, repot itu mah mengeluarkan banyak uang yang besar dan pastinya waktu.


Maka dari itu kalau kita sudah berkeluarga dan akan segera mempunyai momongan, yang harus kita berikan ke anak itu bukan cuma asupan makanan dan minuman tapi juga akan kebutuhan administrasi dipenuhi. Mulai dari akta lahir, imunisasi, mendapatkan ASI Ekslusif sampai 6 bulan lalu dilanjutkan MPASI saat usia sudah 6 bulan. Pendidikannya dan lingkungan yang aman serta nyaman itu harus kita berikan untuk anak-anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih untuk komentar anda