Menjaga kesehatan ditengah wabah pandemi

Berbagi tips menjaga kesehatan ditengah pandemi covid-19



Sejak kemunculannya di awal Maret itu memang membuat saya dan keluarga jadi takut , panik, dan engga tahu harus gimana.

Karena yang saya tahu dan lihat perkembangan dalam berita di tv banyak sekali korban dan seluruh dampak ekonomi pun kena.

Sempat was-was jika sampai tertular dari orang lain, karena suami masih kerja diluar rumah dan engga bisa berhenti kerja atau membawa pekerjaannya kerumah.

Semangat dan tetap menjalankan protokol kesehatan demi seluruh anggota keluarga agar tetap sehat dan auto imun pun baik.

Yang biasanya malas cuci tangan kini jadi rajin, tentu membawa pengaruh positif sejak kehadiran wabah pandemi ini.

Mempunyai balita bagaimana menjaga kebersihan rumah dan merawat anak-anak

Yap, saya punya anak tiga semuanya berusia kanak-kanak, paling kecil baru berinjak delapan bulan. Lagi masa-masa nakal engga bisa diam, semua yang dilihat, disentuh pasti masukin ke mulut.

Untungnya ada si kakak yang siap membantu mama nya kalau lagi sibuk mengurus pekerjaan rumah, Nah setiap pagi dan sore saya selalu rutin membersihkan rumah, menyapu , mengepel dan memberikan semprotan disenfektan buatan sendiri ke seluruh ruangan rumah dan juga area luar rumah.



Sudah sediakan air juga dan sabun untuk mencuci tangan bagi mereka yang keluar. Sehingga sebelum masuk dan pegang pintu tangan nya sudah bersih.

Sejak wabah pandemi ini saya jarang sekali bawa berobat anggota keluarga jika sedang sakit, biasa sih paling sakit ringan kaya batuk , pilek, kelelahan. Cukup dipantau demam nya berapa dan si kecil apakah nafsu makannya menurun, cukup berikan obat Paracetamol yang sudah saya sediakan jadi aman. 

Ga perlu ke dokter atau ke rumah sakit. Kemarin suami sempat ngedrop badannya mungkin efek kerja terus, badannya demam dan bibir pecah-pecah! Sepertinya mau panas dalam atau batuk flu biasa.

Saya suka buatkan dia minuman herbal kemarin saya kasih kunyit asem sama air lemon supaya badannya tetap fit dan segera sembuh.

Ternyata belum puas , masuk hari ketiga malah badannya masih demam. Mau bawa ke klinik kan ga mungkinlah suami ga mau. 

Menggunakan HALODOC aplikasi kesehatan yang bisa langsung konsultasi dengan dokter dan beli obat langsung semudah menggenggam smartphone.


Ada banyak spesialis dokter sesuai kebutuhan , kemarin suami saya pilih dokter umum saja, karena sakitnya ringan, langsung saja pilih sesi chat bersama dokter. Alhamdulillah dilayani dengan baik dan ramah. Semua pertanyaan saya dijawab dan berikan nasihat yang sesuai dengan gejala yang dialamih suami saya.

Saya memilih dokter yang jam terbangnya puluhan tahun, juga bintang menentukan semakin banyak bintang itu berarti dokternya asyik untuk kita ajak berkonsultasi mengenai penyakit yang diderita. Dengan sangat terjangkau biaya konsultasinya, kita tinggal menunggu ketersediaan sang dokter untuk menerima chat bersama pasien. 

Pembayarannya pun bisa menggunakan saldo gopay lho! Tidak perlu antri di klinik sampai berjam-jam, bahkan bahaya keramaian karena wabah pandemi di Indonesia ini belum berakhir. Jadi lebih baik tinggal dirumah dan menggunakan layanan dokter via aplikasi kesehatan bersama Halodoc.

Jika dokter memberikan resep untuk pasien resep obat itu bisa langsung kita beli di aplikasi Halodoc, tinggal pilih saja apotik terdekat dari rumah dan menunggu kurir mengantar kerumah.

Terus juga bisa upload saja foto resep obat dari dokter langganan di rumah sakit, bisa langsung didapatkan melalui toko obat yang ada di Halodoc. 

Eitss.. bukan cuma itu saja kini kalian bisa lho mengetahui daftar rumah sakit yang menerima pasien untuk melakukan pemeriksaan seperti tes swab atau PCR dan harganya juga sudah tertera kamu bisa langsung cek covid test jakarta

Tenang masih ada lagi Halodoc menerima asuransi yang kamu miliki, bisa langsung klik ke bagian profil pada aplikasi ya, disana akan ada arahannya. Seperti foto dibawah ini.

 

Baca juga cara tes swab disini!

Tips mencuci tangan dan membuat disenfektan buatan sendiri dirumah


Nah ini dia yang ditunggu-tunggu, sebenarnya soal mencuci tangan mungkin banyak orang menganggap hal mudah dan ga rumit. Tapi faktanya, mencuci tangan itu harus dengan cara yang benar lho. 

Seperti ini : 
Basuh kedua telapak tangan dengan air bersih
Lalu ambil sabun cair atau sabun batang 
Usapkan ke seluruh telapak tangan luar dan dalam,
Lalu gosok selama 20 detik yaa, kalau engga tahu bisa sambil nyanyi lagu selamat ulang tahun sampai selesai itu sama saja 20 detik lamanya..
Jika sudah basuh deh kedua telapak tangan dengan air bersih mengalir. 

Beres... Tangan pun kini sudah bersih!

Cara buat disenfektan dirumah 


Caranya cukup mudah kok siapkan saja karbol semua merek sih bisa, tapi kalau saya dirumah menggunakan karbol yang mengandung anti bakteri dan kuman. Tuangkan 10 sendok karbol kedalam 1 liter air bersih. Bila sudah , siap digunakan..

Semprotkan ke permukaan benda yang dirasa kotor seperti stopkontak lampu, pintu, jendela atau alat benda rumah lainnya. Diamkan selama 5 menit ya. Jika sudah lap semua benda yang sudah disemprot tadi dengan lap bersih. Yeahhh! Kini benda dirumah dijamin bersih bebas dari bakteri dan kuman ya.

Dan bosen dirumah cuma nonton tv atau tiduran rebahan, biar makin tahu info seputar dunia kesehatan kita bisa membaca artikel yang ada di aplikasi Halodoc lho, 


credit photo by pixabay & milik pribadi

Tidak ada komentar